wisata di Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih Jogja

Hampir semua kota-kota besar yang ada di Indonesia memiliki tugu atau monumen bersejarah. Bangunan besar yang terbuat dari batu atau material lainnya sebagai penanda suatu tempat atau peristiwa sejarah yang pernah terjadi di masa lampau.

Tugu Pal Putih menjadi kunjungan wajib para wisatawan ketika berada di Jogja. Tapi tahukah anda sejarah dan nilai filosofis yang ada dibalik tugu pal putih? Mengapa begitu banyak pengunjung begitu tertarik dengan tugu ini?. Untuk mencari tau, simak ulasan berikut ya.

Sejarah Dibalik Tugu Pal gambar tugu jogja

 

Mungkin kalian kurang familiar dengan salah satu destinasi wisata tugu pal putih di Jogja. Tapi ketika disebut Tugu Jogja pasti semua langsung kenal dengan tempat ini. Perlu kalian ketahui bahwa tugu Jogja memiliki beberapa nama lain yaitu Tugu Pal Putih yang dulunya disebut Tugu Golong Gilig. Namun sering pula disebut Tugu Malioboro karena letaknya yang dekat dengan Jl. Malioboro di Yogyakarta.

Tugu pal putih dibangun sekitar tiga abad yang lalu oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755 yang juga sebagai pendiri kraton Yogyakarta. Tugu ini dibangun sebagai simbol perjuangan dan persatuan antara penguasa dan rakyat dalam melawan penjajah di kala itu. Tugu pal putih telah berubah bentuk dan mengalami perombakan. Awalnya tugu ini memiliki puncak berbentuk bulatan (Gilig) dan berupa silinder (Golong) yang memiliki ketinggian hingga 25 meter.

Lihat juga Taman Bunga Matahari Samas

Tugu yang mewakili makna persatuan antara raja dan rakyatnya ini kemudian berubah bentuk setelah terjadinya gempa bumi di tanah Yogyakarta. Bencana alam tersebut meruntuhkan tugu pal putih sehingga dibangun kembali dimana badan tugu menjadi berbentuk persegi dan ujungnya dibuat runcing. Sedangkan tinggi tugu menyusut sekitar 10 meter. Setelah dibangun kembali, kemudian Sri Sultan Hamengkubuwono VII meresmikannya di tahun 1889 dan bernama De Witt Paal atau Tugu pal Putih.

Bentuk tugu tidak sama lagi dengan bentuk awal karena Belanda ikut campur tangan dalam pembangunan kembali tugu. Dan perombakan tersebut merupakan salah satu taktik Belanda untuk memecah persatuan antara raja dan rakyatnya.
Keempat sisi dari tugu pal putih terdapat tulisan yang memiliki makna dan nilai filosofis yang tinggi. Di bagian Barat dari tugu tertera tulisan yang berarti bahwa tugu pal putih dibangun Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono ke VII.

Pada bagian Timur tugu tertera tulisan yang berarti bahwa kehendak Ngarsa Dalem Sultan disambut baik oleh Kangjeng Tuwan Residen Y Mullemester. Di bagian Utara tugu tertulis yang berarti bahwa, pengerjaan tugu dibiayai Patih Dalem Kangjeng Raden Adipati Danureja ke V. Dibawah pimpinan pelaksana Tuwan Y.P.F Van Brussel Opzchter Waterstaat. Di sebelah Selatan tertulis yang berarti, lambang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa pemerintahan Hamengkubuwono VII. Selanjutnya, “Wiwara Harja Manggala Praja (1819 J). berarti, gerbang kesejahteraan untuk pimpinan negara.

Lokasi Tugu Pal Putih

Alamat: Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Tersedia

Ada berbagai fasilitas umum yang tersedia di sekitar tempat ini. Apa saja? Cek list berikut ini.

  • Becak
  • Pertokoan untuk belanja
  • Warung makan nasi gudeg
  • Bangku taman di pinggir jalan

Jam buka

Tugu ini buka 24 jam penuh dan bisa dikunjungi kapanpun. Mengunjungi tugu pal putih di siang hari mungkin tidak terlalu menarik. Beda halnya jika kalian berkunjung di malam hari. Lampu hias yang ada di sekitaran tugu terlihat sangat menarik dan indah dilihat dari tugu. Sehingga sangat cantik dijadikan spot foto yang instagramable buat selfie maupun berfoto dengan keluarga.

Kunjungan ke tugu pal putih jangan sampai kalian lewatkan ketika berada di Yogyakarta. Jika liburan kalian sangat singkat misalnya hanya 1-2 hari, kalian tetap bisa kok mengunjungi tugu ini. Dan agar liburan singkatmu terorganisir dengan baik gunakan jasa biro perjalanan saja. Jasa biro perjalanan paling recommended, gunakan travel raskita.com dan pilih paket wisata Jogja 2 hari. Dijamin waktu liburan kalian penuh dengan kegiatan menarik dan seru.

Lihat juga Selfie Park Jogja

Demikianlah pembahasan mengenai tugu pal putih Jogja, salah satu wisata wajib yang nggak boleh dilewatkan ketika kamu berkunjung di Kota Gudeg. Kamu bisa memanfaatkan tugu ikonik dan penuh sejarah ini sebagai spot foto. Ajak keluarga maupun teman kamu untuk berfoto disini supaya semakin seru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *