Kaliurang menjadi lebih terkenal di kalangan wisatawan akhir-akhir ini, terutama bagi mereka yang mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. Alasannya tak lain adalah beragam pilihan tempat wisata yang ditawarkan di sana. Salah satunya, misalnya, adalah Gua Jepang atau penduduk setempat bernama Goa Jepang.

Goa ini terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem. Seperti namanya, itu adalah warisan tentara Jepang selama Perang Dunia II. Selain nilai historisnya, goa ini menawarkan suasana yang eksotis bagi wisatawan. Ini juga menjadi tempat yang bagus mengabadikan momen spesial.

Menjelajahi Goa Jepang di Jogja

Lokasi Goa Jepang

Alasan pertama mengunjungi goa adalah untuk mempelajari sejarah. Fungsi Goa Jepang, menurut penduduk setempat adalah tempat yang pernah digunakan oleh Tentara Jepang. Gunanya sebagai tempat berlindung dan tempat persembunyian untuk menghindari tentara sekutu. Sayangnya tidak ada informasi terperinci mengenai riwayat ini.

Di indonesia ada banyak Goa Jepang, antara lain Goa Jepang Wonosalam dan Goa Jepang Parangtritis. Situs Goa Jepang yang terkenal di Jogja adalah Goa Jepang Kaliurang.

Namun, pengunjung bisa mendapatkan lebih banyak informasi baik dari penduduk desa atau pemandu wisata yang ada di sekitar. Selain dari sejarah, goa memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan goa-goa lainnya. Misalnya, fitur 25 mulut goa terhubung satu sama lain.

Dari segi ukuran, mulut goa tidak cukup besar.

Lihat juga Watu Lumbung Jogja

Rute untuk mencapai situs ini juga rumit. Terlepas dari fakta tersebut, suasana disana masih asri karena lokasinya berada di pegunungan. Bahkan beberapa monyet liar terlihat di sana. Begitu wisatawan tiba di lokasi, mereka mungkin melihat goa kecil yang tertutup semak dan lumut.

Bagaimana dengan keadaan di dalamnya? Seperti goa-goa lain, goa ini gelap dan lembab sehingga pengunjung harus membawa senter saat memasuki goa. Disarankan saat datang kesini harus bersama dengan pemandu wisata.

Alasan paling umum untuk mengunjungi goa pasti untuk menjelajahi keunikan di dalamnya. Meskipun suasana gelap, itu tidak menghentikan wisatawan untuk menjelajahi kedalaman goa dengan rekan-rekan.

Untuk menjaga keselamatan pengunjung di depan pintu masuk utama goa selalu ada pemandu. Wisatawan dapat menyewa mereka sebelum memasuki goa untuk menghindari tersesat atau masalah lain selama eksplorasi. Para pemandu ini juga menawarkan lampu senter bagi mereka yang lupa membawanya.

Alasan lain untuk mengunjungi goa adalah kesempatan untuk trekking. Tidak heran, pengunjung harus melewati bukit dan pemkamungan curam untuk sampai ke lokasi. Masalahnya adalah trekking membutuhkan banyak stamina karena jaraknya agak jauh dari pos pemeriksaan (Desa Hargobinangun).

Karena alasan ini, setiap orang harus menyiapkan hal-hal seperti sepatu hiking dan air kemasan sebelum menuju ke goa. Meski begitu pengalaman yang didapat selama penjelajahan tidak akan terlupakan.

Lokasi Wisata Goa Jepang

Alamat: Jl. Bantul KM.1 No.141, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Disediakan di Goa Jepang

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Goa Jepang cukup lengkap. Pengunjung tidak perlu kesusahan jika ada keperluan pribadi saat berkunjung kesana. Berikut fasilitas yang disediakan pengelola Goa Jepang

  1. Tempat makan
  2. Kamar mandi umum
  3. Tempat Trekking
  4. Tempat foto
  5. Tempat parkir kendaraan
  6. Pemandu wisata

Harga Tiket Masuk ke Goa Jepang

Goa Jepang

Pengelola mematok harga tiket masuk Goa Jepang Kaliurang cukup murah kepada pengunjung. Dengan merogoh gocek beberapa ribu kamu dan keluarga bisa mengeksplor semua yang ada di Goa Jepang. Ini list harga yang perlu kamu bayarkan.

KeteranganHarga
Tiket masukRp. 10.000/orang
Tiket parkir motorRp. 2000
Tiket parkir mobilRp. 10.000

Jam Buka Wisata Goa Jepang

Wisata Goa Jepang di Kaliurang Jogja buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Kamu bisa mengunjungi wisata ini kapan saja. Jika kamu ingin trekking di area Goa lebih baik berkunjung di pagi hari karena akan memakan waktu yang cukup lama.

Di dekat Goa Jepang ada beberapa wisata lain yang bisa dikunjungi diantaranya adalah TPR Pelawangan dan JWM (Jeep Wisata Merapi).

Lihat juga Candi Ratu Boko

Jika kamu berkunjung kesini bersama rombongan kamu bisa sewa New Innova di raskita.com. Raskita.com menyediakan banyak penyewaan mobil, motor, serta bus untuk memudahkan wisatawan. Kamu bisa menyewa kendaraan disini dengan harga terjangkau. Dan tentunya bisa memilih kendaraan mana yang ingin dibawa berwisata.

Jangan lupa masukkan Goa Jepang ke daftar liburanmu tahun ini. Kamu akan mendapat pengalaman mengesankan sekaligus belajar sejarah saat berkunjung ke situs sejarah yang satu ini.