Goa Rancang Kencono ini adalah salah satu goa bersejarah yang berada di Gunung Kidul. Pasalnya banyak wisatawan yang mengunjungi Goa ini, sebagai tempat wisata. Bukan hanya itu saja, melainkan ada banyak misteri yang tersimpan dari Goa ini, sehingga menarik wisatawan mempelajari sejarahnya.

Sejarah Goa Rancang Kencono

Tiket Masuk Goa Rancang kencono

Goa ini sudah dijadikan sebagai objek wisata alam dan juga tempat untuk mengkaji sejarah dan budaya lebih dalam. Pemandangan stalaktit yang indah, menyimpan banyak cerita yang menarik. Tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Sehingga tempat ini selalu ramai, terutama di hari libur yang banyak orang mengunjunginya sebagai objek wisata. Gua Rancang Kencono ini tepatnya terletak di Pegunungan kapur Gunung Kidul dan memiliki bentuk vertikal serta sejarah yang menarik.

Pasalnya di Goa ini yang sudah ada manusia sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu, bahkan merupakan tempat peradaban. Para peneliti pernah meneliti goa ini, dan mengatakan bahwa gua ini merupakan sebuah tempat tinggal di zaman purba. Adapun kisah pelarian Laskar Mataram yang terjadi sekitar tahun 1720 untuk melawan penjajah Belanda di Goa Rancang Kencono. Karena pada saat itu terdapat satu kerajaan di jawa, yakni Kerajaan Mataram yang ingin mengusir penjajah Belanda.

Lihat juga Museum Anak Kolong Tangga

Maka dari itu Goa ini sangat berperan penting sebagai tempat persembunyian Laskar Mataram. Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan Goa ini sebagai tempat menyusun strategi perang untuk mengusir para penjajah Belanda dari Jawa dengan bersemedi. Karena hal tersebut lah Goa ini diberi nama Goa Rancang Kencono.Dalam bahasa jawa kata ‘Rancang’ sendiri memiliki arti rencana dan ‘Kencono’ memiliki arti emas atau mulia.

Goa Rancang kencono Jogja

Kamu harus berjalan menyusuri anak tangga agar bisa masuk ke dalam Goa ini, karena letak Goa ini berada di bawah tanah. Ada pula pohon yang menjadi salah satu keunikan di Goa ini, yaitu berada di tempat sebelah anak tangga dan memiliki tinggi hingga melebihi atap Goa. Selain itu Goa ini juga memiliki tiga ruangan yang cukup luas. Di ruang pertama Goa ini, kini sudah dijadikan lapangan untuk bermain bulutangkis oleh warga sekitar.

Beralih pada ruangan kedua, tempat ini terlihat lebih sempit dan gelap daripada ruangan yang pertama. Pada ruangan ini ditemukan sebuah arca mirip dengan bentuk arca nandi yang digunakan sebagai kendaraan Dewa Siwa. Biasanya masyarakat menggunakan ruangan ini sebagai kegiatan bersemedi. Berlanjut menuju ke ruangan tiga kamu harus berjalan merangkak karena jalannya yang terlalu sempit. Di ruangan ini kamu bisa menemukan lukisan bendera merah putih, lambang garuda, dan tulisan “Prasetya Bhinnekaku”.

Pasalnya tulisan tersebut digunakan sebagai penyemangat Laskar Mataram yang berperang untuk mengusir Belanda. Di Setiap ruangan yang ada pada Goa Rancang ini, terdapat sebuah pesan dan kesan untuk para pengunjung. Hal itu guna memberi tahu akan peradaban manusia di Indonesia, perjuangan kemerdekaan, juga arti perbedaan. Sehingga masyarakat mampu mengambil pesan mulia tersebut juga menghargai dan menjaga Goa Rancang Kencono ini.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya Indonesia. Karena bukan hanya sebagai tempat rekreasi semata, melainkan tempat edukasi dan mempelajari sejarah negara Indonesia. Bagi kamu yang penasaran akan keindahan, keunikan dan ingin berlibur ke Goa Rancang ini, maka bisa menggunakan jasa paket wisata Jogja di situs Raskita.com. Pasalnya, situs tersebut sudah terpercaya untuk memudahkan kebutuhan anda berwisata ke Yogyakarta, dan banyak jasa yang ditawarkan lainnya.

Lihat juga Museum Sonobudoyo

Lokasi Wisata

Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Lihat: Google Map

Fasilitas Goa Rancang Kencono

Tiket Masuk Goa Rancang kencono

Tempat wisata Goa Rancang Kencono ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini bertujuan untuk mendukung para wisatawan yang berkunjung agar terasa nyaman, diantaranya adalah:

  • Ada toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Area camping

Harga Tiket

Harga tiket yang ditawarkan pun cukup terjangkau, dan terbilang murah. Yakni sebagai berikut.

KeteranganHarga
Harga tiketRp 35.000 per orang
Harga parkir motorRp. 2000
Harga parkir mobilRp. 5000

Jam Buka

Tempat wisata Goa Rancang Kencono ini dibuka setiap hari. Dibuka pada pukul 08.00 WIB. Ditutup pada pukul 17.00 WIB. Itulah artikel lengkap mengenai tempat wisata Goa Rancang Kencono, baik keindahannya, maupun sejarahnya. Sebagai objek wisata yang menarik juga mendidik.