Yogyakarta selain menawarkan berbagai destinasi wisata juga merupakan tempat satu-satunya di Indonesia yang memiliki museum Kriptografi. Tempat tersebut bernama Museum Sandi. Ada banyak hal dari museum ini yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, berbagai koleksi di dalamnya dapat menjadi tambahan wawasan untuk kita.

Museum Sandi Jogja sendiri dibangun sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keamanan dalam berkomunikasi. Disini, pengunjung selain dapat mengetahui bentuk-bentuk sandi serta dapat mempelajari cara membuat sandi dengan sederhana.

Sekilas Museum Sandi

Museum Sandi

Dari kejauhan, Museum Sandi memiliki struktur bangunan bergaya kolonial yang masih terjaga keasliannya. Museum ini memiliki dua lantai dengan papan nama di depan bertuliskan bangunan cagar budaya. Sejarah berdirinya Museum Sandi bermula dari 2006. Atas usulan Kepala Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia dan Gubernur DIY , maka dibangunlah Museum Sandi. Kemudian pada 29 Juli 2008 Museum Sandi dibuka secara resmi.

Lihat juga Museum Gunung Merapi

Sebelum itu, lokasi Museum Sandi masih menjadi satu dengan Museum Perjuangan Yogyakarta. Kemudian pada 29 Januari 2014, Museum Sandi berpindah lokasi ke pusat kota Yogyakarta. Dengan dipindahkannya lokasi Museum Sandi ke pusat kota, membuat anda harus bersabar dengan cuaca kemarau dan juga kemacetan kota.

Lokasi Museum Sandi

Alamat: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Lihat: Google Map

Fasilitas di Museum Sandi Jogja

Museum Sandi memiliki begitu banyak fasilitas dan koleksi menarik yang terdapat di dalamnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Museum Sandi:

  • Gratis wifi
  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang Aula
  • buku kode, Surat Keputusan Presiden, dan dokumen lainnya
  • Pembentukan dinas kode
  • Maket Rumah Sandi Dukuh
  • Laboratorium, Perpustakaan dan ruang komunitas

Banyaknya fasilitas yang tersedia dan museum yang hanya satu di Indonesia membuat anda harus mengunjungi Museum Sandi. Bagi anda yang tidak ingin terjebak macet dan berpanas-panas menuju lokasi dapat menggunakan layanan sewa mobil Jogja dari raskita.com. Selain gampang, harga yang ditawarkan juga sangat murah dengan pilihan mobil beragam.

Harga Tiket Masuk

Museum Sandi Yogyakarta

Menyajikan koleksi yang lengkap dan penuh edukasi tidak serta merta menjadikan tiket masuk museum sandi menjadi mahal. Berikut harga tiket masuknya.

KeteranganHarga
Harga tiket masuk ke Museum SandiRp3.000

Jam Buka

Museum Sandi tidak buka selama setahun penuh, melainkan memiliki jam operasional sendiri, baik di hari biasa maupun weekend. Hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Dan untuk hari Sabtu sampai Minggu buka mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Namun bagi anda yang ingin ke Museum Sandi pada hari libur nasional harus mengurungkan niat. Karena di hari libur nasional maupun keagamaan,

Lihat juga Museum Biologi Jogja

Museum Sandi tidak membuka waktu operasional alias tutup. Waktu terbaik untuk mengunjungi Museum Sandi adalah ketika siang hari antara pukul 11.00 hingga 12.00 WIB. Karena di waktu tersebut, merupakan waktu dimana pengunjung biasanya tidak terlalu padat, tidak seperti jam-jam lainnya. Selain Museum Sandi, ada beberapa tempat menarik lainnya di sekitar Museum Sandi yang dapat anda kunjungi.

Seperti Malioboro, Alun-alun Utara-Selatan, Museum Sasmitaloka, Museum De Mata, dan Sindu Kusuma Edupark. Museum Sandi merupakan salah satu wisata edukasi yang menarik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Datang ke tempat ini bersama keluarga, maupun teman sekolah adalah pilihan yang bagus untuk liburan. Akan ada banyak pengetahuan baru yang bisa di dapat. Jadi kapan anda bakal berkunjung ke museum keren ini?